Cara Mengurus Hak Paten Produk untuk Kamu Yang Mempunyai Bisnis

Cara Mengurus Hak Paten Produk Harus Dipahami Bagi Kamu Yang Punya Gagasan Ataupun Konsep Bisnis Tertentu Yang Akan Menciptakan Sebuah Produk. Hal ini pun berlaku bila perusahaan yang Kamu kelola punya logo. Untuk mencegah penyalahgunaan atas produk ataupun logo, Kamu disarankan untuk mengurus hak patennya. Adapun manfaat-manfaat yang bakal Kamu peroleh usai mempelajari cara mengurus paten produk, diantaranya produk serta logo yang sah di mata hukum serta hak paten yang diberlakukan jadi proteksi atas usaha ataupun bisnis yang Kamu jalani.

Hak Paten

Sering kita mendengar kasus pelanggaran hak paten ataupun tuntutan atas satu produk ataupun logo yang persis dengan karya yang telah terdaftar. Hak paten sifatnya eksklusif, hingga pihak-pihak yang ingin untuk memakai produk serta logo yang sudah terdaftar musti mengkontak pemilik hak paten tersebut. Jika tidak, pelaku pelanggaran akan dituntut dengan pasal hak cipta. Sementara Anda yang sudah punya hak paten produk dan logo dengan resmi, disamping bisa mempergunakannya, juga dapat membuat, menyewa, menjual, mengimpor, mengekspor, menyediakan, serta menyerahkannya berbasis pada izin serta prosedur. Pengelolaan yang benar serta tertata atas logo dan produk bakal membawa manfaat kepada Kamu yang menjadi pemilik dan untuk pihak lainnya yang merasa diuntungkan dengan adanya karya Kamu. Kemudian, seperti apa cara mengurus hak paten produk untuk mereka yang ingin mendaftarkannya? Sebelum kita menyimak langkah-langkahnya, yuk simak lebih dalam mengenai keuntungan yang bakal Kamu dapat ketika punya logo serta produk yang telah berhak paten. Diantaranya—seperti yang sudah disebutkan—logo serta produk yang mempunyai hak paten tidak boleh dijiplak ataupun ditiru tanpa izin; tidak boleh didistribusikan ataupun dijual tanpa izin; terbebas dari penipuan ataupun pemalsuan; terjaga orisinalitas ataupun keasliannya; dapat menghasilkan royalti bila menjalin mitra dengan orang lain. Masih terdapat banyak hal positif serta keuntungan yang bakal Kamu dapat usai menerapkan hak paten produk yang betul.

Hak Kekayaan Intelektual

Prosesnya juga tidak membuang-buang banyak waktu jika persiapanya matang. Cara pertama yang Kamu lakukan untuk mematenkan produk ataupun logo ialah datang ke kantor Kementerian Hukum dan HAM yang paling dekat. Kemenkumham umumnya mengurus hak merek, hak paten, serta hak cipta dari semua klien. Sekiranya ini pengalaman pertama Kamu mendaftar produk ataupun logo, maka tidak perlu malu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan staf Kemenkumham mengenai hak paten. Syarat-syarat administrasi di tiap daerah umumnya tidak jauh beda, namun bakal lebih baik bila Kamu bertanya keperluan ataupun ketentuan yang ada di kantor itu. Hal ini dilakukan agar Kamu dapat mengumpulkan berkas-berkas yang dibutuhkan serta menghindari hambatan didalam proses gara-gara terdapat dokumen yang ketinggalan. Lalu, tahapan ini biasanya memerlukan surat permohonan serta lampiran yang menjadi pelengkap. Setelah Proses ini selesai, Kamu bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Begitu berkas-berkas yang diperlukan lengkap, Kamu bisa meneruskan dengan mengajukan satu surat permohonan hak paten bagi produk ataupun logo pada Dirjen HAKI atau Kanwil secara tertulis. Tulislah sesauai format memakai bahasa Indonesia; mengikuti kaidah yang sudah diakui. Saat tengah mengaplikasikan cara mengurus hak paten brand / produk itu, pastikan Kamu telah mempersiapkan fotokopi KTP ataupun tanda pengenal yang lainnya, fotokopi akta pendirian serta peraturan kepemilikan bersama jika surat permohonan didaftarkan atas nama badan hukum, serta dokumen lainnya juga surat pernyataan bila logo serta produk tersebut memang punya Kamu.

Setelah mengisi formulir itu, periksa kembali dengan saksama lalu cermat supaya bila terdapat kesalahan, Kamu bisa lekas memperbaikinya. Bila telah merasa matang, maka tahapan pematenan logo ataupun produk bisa langsung dilanjutkan. Proses terakhir yang terdapat dalam cara mengurus hak paten produk ialah mempersiapkan biaya permohonan pendaftaran. Beberapa orang yang hendak mengajukan pendaftaran berpikir bila tarif pendafttarannya bakal besar, nyatanya besarannya cukup terjangkau. Usai pembayaran selesai, Kamu tetap musti menunggu, sebab masih terdapat proses yang musti dipertimbangkan, antara lain pemeriksaan permohonan, kemudian Dirjen HAKI bakal memberi pengumuman mengenai hak paten kurang lebih 18 bulan setelah Kamu mengajukan pendaftaran untuk biayanya bisa anda lihat disini.

Pengumuman hak paten lalu bakal dilaksanakan sepanjang 6 bulan yang tujuannya untuk tahu tanggapan ataupun respons masyarakat bila mereka menerimanya ataupun malah keberatan. Bila Proses pengumuman tersebut sukses dilewati, maka permohonan hak paten yang Kamu ajukan juga artinya telah diterima. Didalam hal ini, hak paten eksklusif atas produk serta logo Kamu secara otomatis berlaku sepanjang 20 tahun semenjak filling date. Hak paten merupakan investasi jangka panjang untuk usaha Kamu. Kendati produk serta logo untuk usaha Kamu telah terdaftar serta memperoleh izin, Kamu tetap musti memperhatikannya agar terjaga dengan maksimal. Hingga usaha Kamu berjalan lancar serta tidak mendapat hambatan ketika telah berada di pasaran. Bila perlu konsultasi anda bisa mengunjungi situs ini atau situs ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.